Google Webmaster Tools, Tools SEO Terbaik

Ketika ada sahabat bertanya mengenai perkembangan SEO-nya, atau ketika awal saya bekerja dengan klien untuk meningkatkan SEO websitenya, pertanyaan dan statement yang sering saya lempar adalah 3 poin berikut:

a. Sudah melakukan analisis di Google Webmaster Tools?
b. Bagaimana perkembangan website dan analisis anda di sana?
c. Beri saya akses ke Google Webmaster Tools anda untuk melakukan analisis.

Google Webmaster Tools adalah sumber informasi perkembangan SEO website yang tak ternilai harganya, dan… tak tergantikan! Banyak orang berbondong-bondong menggunakan berbagai SEO tools dari yang gratis hingga berbayar, dan menjajal berbagai fitur yang ada. Terkadang kita begitu menyepelekan fungsi webmaster tools milik Google ini sehingga melewatkan banyak fitur yang ada. Tidak ada satupun, menurut saya, yang menghasilkan data sebaik, seakurat, dan selengkap Google Webmaster Tools! Berikut alasannya:

1. Data backlink akurat yang tidak bisa didapat dari sumber lain

Bagi pemilik website yang terdaftar di webmaster tools, Google menyediakan informasi lengkap mengenai backlink atau tautan ke situs yang bersangkutan. Backlink ini sangat lengkap informasinya, termasuk jumlah backlink dan jumlah halaman yang ditautkan oleh situs lain. Selain itu, Google juga menyuguhkan internal link, atau tautan internal situs, sehingga kita bisa tahu halaman mana saja yang paling banyak ditaut oleh situs kita sendiri. Sebagai contoh: idealnya, halaman utama (homepage) seharusnya yang paling banyak ditaut.

2. Data keyword atau kueri pencarian yang tidak bisa didapat dari sumber lain

Anda seringkali melihat kueri keyword aneh pada analytics atau statistic tool yang anda gunakan? Misalnya, pada Google Analytics (free version) sering dijumpai istilah “not provided” atau “tidak tersedia”, pada WordPress Stats kita menjumpainya sebagai “encrypted_search”, dan lain istilah lagi pada analytics yang lain. Ini tidak lain adalah karena banyak browser dan mobile browser yang menggunakan default Google secure search (https). Kondisi ini juga muncul jika pengguna keyword di search engine dalam keadaan login akun Google. Tentu ini baik bagi user. Tapi bagi webmaster, ada banyak keyword penting yang tidak dapat dilacak. Bersyukurlah karena Google Webmaster Tools mampu menampilkan ribuan kueri keyword sehingga kita bisa memperkaya informasi: keyword paling banyak masuk, halaman yang paling banyak diakses dengan keyword tertentu, sekaligus melihat click through rate-nya (CTR) di search engine.

3. SEO Tools yang tidak bisa didapat dari sumber lain

Banyak sekali peralatan SEO di dalam Google Webmaster tools yang bisa dimanfaatkan. Tentu menyebutkan satu per satu tidak akan menyelesaikan pembahasan ini. Dari alat untuk tes validitas robots.txt, rich snippets tests, broken links, server error, menghapus url atau permalink dari indeks, fetching as Googlebot (mengambil isi sebuah halaman web dan melihat isinya sebagaimana Googlebot), cek duplikasi deskripsi atau title/judul halaman, hingga masih banyak lagi peralatan SEO lainnya! Bahkan anda bisa mengekspor berbagai data untuk disimpan maupun untuk digunakan sebagai data analisa lanjutan. Saya biasa mengekspor data dari Google Webmaster Tools untuk presentasi perkembangan website kepada klien.

4. Pesan permasalahan kritis yang tidak disediakan oleh layanan lain

Google mengirimkan pesan penting setiap kali ada permalasahan kritis yang dideteksi oleh Google, baik masalah situs yang tidak bisa diakses hingga pesan penalti karena spam. Hampir 99% situs yang terkena penalti secara manual oleh Google akan mendapatkan pesan khusus, baik melalui email maupun dashboard Webmaster Tools. Jika anda tidak memiliki akun Google Webmaster Tools yang terverifikasi, maka anda melewatkan berbagai informasi dan notifikasi penting berkaitan dengan kondisi website anda.

5. Tidak ada layanan seo tools gratis dengan bentuk layanan sehebat Google Webmaster Tools

Sudah cukup jelas bahwa layanan analisis maupun peralatan SEO lainnya, meskipun gratis, pasti terbatas dan akhirnya berujung harus membayar sekian dollar untuk bisa mengakses data atau menggunakan peralatan dan layanan yang lebih spesifik. Tidak demikian dengan Google Webmaster Tools, semua disediakan benar-benar sebagai alat analisis gratis, dan bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan performa website, baik bagi user, maupun Google itu sendiri.
============
Saya sama sekali tidak memunculkan suasana “pemujaan” terhadap Google, khususnya Google Webmaster Tools. 5 poin di atas adalah kondisi faktual dari SEO tools yang sebenarnya ideal, namun kadang terabaikan. Webmaster Tools lain yang menurut saya bisa dibilang bagus juga adalah milik Bing. Meskipun tidak selengkap milik Google, namun Bing Webmaster Tools juga merupakan alat yang ideal untuk melakukan analisis mendalam, terutama berkaitan dengan pencarian Bing dan Yahoo.
Dalam beberapa kesempatan ke depan, saya akan berbagi insight mengenai penggunaan berbagai fitur Google Webmaster tools dalam hal analisis, misalnya menganalisa CTR, keyword, tautan situs, dan masih banyak lagi. Semua akan saya sampaikan tahap demi tahap dalam beberapa posting.

Ditulis Oleh : Web Hosting Indonesia

Judul Artikel "Google Webmaster Tools, Tools SEO Terbaik" Jika salin Artikel Google Webmaster Tools, Tools SEO Terbaik, mohon mencantumkan sumber link http://www.webhosting.web.id/2013/07/google-webmaster-tools-tools-seo-terbaik.html. Salam from Web Hosting Gratis

:: Web Hosting Indonesia ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © WEBHOSTING.WEB.ID, Powered by UNMETERED