Pengertian Nama Domain Website

Pengertian Nama Domain Website

Apakah itu domain? domain  adalah sebuah nama unik/alamat untuk sebuah website, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Seseorang dapat membeli sendiri domain, tinggal pilih nama yang bagus dan akan memiliki domain sendiri. Untuk domain biayanya biasanya pertahun, dan setelah memiliki domain maka domain tersebut tidak bisa dimiliki oleh orang lain kecuali orang yang mempunyai domain tersebut tidak lagi membayarnya.
Apabila telah membeli domain dan masa berlaku domainnya akan habis, segeralah diperpanjang, apabila telat 1 hari saja memperpanjangnya, biasanya akan kesulitan untuk memperoleh domainnya kembali.

A. Memilih Domain
Kebanyakan nama domain yang ada saat ini telah dimiliki orang, jadi kita harus benar-benar memilih nama domain yang unik. Tetapi dalam memilih nama domain kita harus memperhatikan bahwa nama domain kita kalau bisa sesingkat mungkin untuk mengecilkan kemungkinan seseorang salah mengetik domain kita (misal: jangan seperti dhimasronggobramantyo.com yang nama domainnya sangat panjang dan sulit diingat). Jangan lupa domain kita sebaiknya memiliki arti dan gampang diingat, jangan sekali-kalai membeli domain dengan penggabungan angka dan huruf karena akan susah diingat. Pilihlah juga domain yang mudah diucapkan, jadi apabila ada ibu-ibu yang sedang bergosip tentang website kita mereka dapat mengucapkan domain kita dengan benar.


B. Subdomain
Subdomain sebenarnya alamat domain yang masih menjadi bagian dari domain kita, tetapi subdomain dapat kita arahkan ke file HTML yang berbeda dari domain utama kita.Contoh subdomain misalnya http://subdomain.webhosting.web.id yang berarti subdomain blog pada domain braman.com kita dapat memasang subdomain melalui tempat anda membeli domain.

C. Jenis Bagian Domain


1. Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan sebuah extension atau akhiran dari suatu nama domain. Ada 2 kelompok utama dalam TLD, yakni country code top-level domains (ccTLD) dangeneric top-level domains (gTLD). Country code top-level domains (ccTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dan masih banyak lainnya. Sedangkan generic top-level domains(gTLD) merupakan sebuah level domain tertinggi yang digunakan secara umum seperti .com, net, dan masih banyak lainnya.

2. Second Level Domain (SLD)
Second Level Domain merupakan nama domain yang ada di sebelah kiri TLD. Agar kita tidak bingung, kami akan memberikan contohnya, jembelisme.com .Nah, kata jembelisme ini merupakan Second Level Domain (SLD), sedangkan .com merupakan Top Level Domain (TLD).

3. Domain Indonesia (CCTLD)
Indonesia memiliki nama domain tersendiri yang dikelola langsung oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia). Domain-domain indonesia meliputi .ac.id, .web.id, .co.id, .go.id, .sch.id, .mil.id, dan .or.id .Domain-domain tersebut mempunyai kegunaan dan karakeristik yang berbeda. Harga domain Indonesia jauh lebih murah dibandingkan dengan domain internasional (reguler).Anda dapat memesan/membeli domain Indonesia ini melalui Jagoan Hosting Indonesia.

Ditulis Oleh : Web Hosting Indonesia

Judul Artikel "Pengertian Nama Domain Website" Jika salin Artikel Pengertian Nama Domain Website, mohon mencantumkan sumber link http://www.webhosting.web.id/2016/01/pengertian-nama-domain-website.html. Salam from Web Hosting Gratis

:: Web Hosting Indonesia ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © WEBHOSTING.WEB.ID, Powered by UNMETERED