Cyber Crime Dunia Maya Internet

masalah keamanan (security) dalam dunia maya internet merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Jika tanpa keamanan yang kuat, maka semua data dan sistem yang ada di internet bisa dicuri oleh orang lain. Seringkali sebuah sistem jaringan berbasis internet memiliki bug / kelemahan atau yang sering disebut juga lubang keamanan (hole). Oleh sebab itu, jika lubang tersebut tidak ditutup, maka para pencuri data bisa masuk melalui lubang itu. Pencurian data dan sistem dari internet termasuk dalam kasus kejahatan komputer.

Menurut istilah, definisi Cybercrime adalah kejahatan yang dilakukan didalam jaringan internet. Selama ini dalam kejahatan konvensional, dikenal adanya dua jenis kejahatan, diantaranya adalah :

a. Kejahatan kerah biru (blue collar crime)
Jenis tindak kriminal ini dilakukan secara konvensional seperti misalnya perampokkan, pencurian, pembunuhan dan lain-lain.


b. Kejahatan kerah putih (white collar crime)
Jenis ini terbagi dalam empat kelompok kejahatan, yakni kejahatan korporasi, kejahatan birokrat, malpraktek, dan kejahatan individu.

Berikut ini adalah Macam dan Jenis Cybercrime di dunia maya internet :


Unauthorized Access to Computer System and Service
Cyber Crime jenis in merupakan kejahatan yang terjadi dengan cara memasuki atau menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara tidak sah, tanpa izin atau tanpa sepengetahuan dari pemilik sistem jaringan komputer yang dimasukinya. Biasanya pelaku kejahatan (hacker) melakukannya dengan maksud sabotase ataupun pencurian informasi penting dan rahasia. Namun begitu, ada juga yang melakukan hanya karena merasa tertantang untuk coba-mencoba keahliannya menembus suatu sistem yang memiliki tingkat proteksi tinggi. Kejahatan ini semakin marak dengan berkembangnya teknologi internet/intranet.


Illegal Contents

Tindak kejahatan ini dilakukan dengan cara memasukkan data atau informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar, tidak etis, dan dapat dianggap melanggar hukum atau mengganggu ketertiban umum. Sebagai contohnya adalah pemuatan suatu berita bohong atau fitnah yang akan menghancurkan martabat atau harga diri pihak lain, hal-hal yang berhubungan dengan pornografi atau pemuatan suatu informasi yang merupakan rahasia negara, agitasi dan propaganda untuk melawan pemerintahan yang sah, dan sebagainya.


Penyebaran virus secara sengaja
Seperti halnya di tempat maupun negara lain, virus komputerpun menyebar di Indonesia. Penyebaran umumnya dilakukan dengan menggunakan E-mail. Sering kali orang yang sistem E-mailnya terkena virus tidak menyadari hal ini. Virus ini kemudian dikirimkan ketempat lain melalui E-mail nya.


Data Forgery
Kejahatan jenis ini merupakan kejahatan dengan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang tersimpan sebagai scriptless document melalui internet. Dokumen ini biasanya dimiliki oleh institusi atau lembaga yang memiliki situs berbasi web database. Dokumen tersebut disimpan sebagai scriptless document dengan menggunakan media internet.


Cyber Espionage
Cyber Espionage merupakan kejahatan yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan mata-mata terhadap pihak lain, dengan memasuki sistem jaringan komputer (computer network system) pihak sasaran. Kejahatan ini biasanya ditujukan terhadap saingan bisnis yang dokumen ataupun data-data pentingnya tersimpan dalam suatu sistem yang computerized.


Cyber Sabotage and Extortion
Kejahatan ini dilakukan dengan membuat gangguan, perusakan atau penghancuran terhadap suatu data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang terhubung dengan internet. Biasanya kejahatan ini dilakukan dengan menyusupkan suatu logic bomb, virus komputer ataupun suatu program tertentu, sehingga data, program komputer atau sistem jaringan komputer tidak dapat digunakan, tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau berjalan sebagaimana yang dikehendaki oleh pelaku. Dalam beberapa kasus setelah hal tersebut terjadi, maka pelaku kejahatan tersebut menawarkan diri kepada korban untuk memperbaiki data, program komputer atau sistem jaringan komputer yang telah disabotase tersebut, tentunya dengan bayaran tertentu. Kejahatan ini sering disebut sebagai cyber-terrorism.


Cyberstalking
Kejahatan jenis ini dilakkan untuk menggangu atau melecehkab seseorang dengan memanfaatkan komputer, misalnya menggunakan E-mail dan dilakukan berulang-ulang, kejahatan tersebut menyerupai teror yang ditujukan kepada seseorang dengan memanfaatkan media intrenet. Hal ini bisa terjadi karena kemudahan dalam membuat E-mail dengan alamat tertentu tanpa harus menyertakan idntitas diri yang sbenarnya.


Cracking
Kejahatan dengan menggunakan teknologi computer yang dilakukan untuk merusak system keamaanan suatu system computer dan biasanya melakukan pencurian, tindakan anarkis begitu merekan mendapatkan akses. Biasanya kita sering salah menafsirkan antara seorang hacker dan cracker dimana hacker sendiri identetik dengan perbuatan negative, padahal hacker adalah orang yang senang memprogram dan percaya bahwa informasi adalah sesuatu hal yang sangat berharga dan ada yang bersifat dapat dipublikasikan dan rahasia.


Carding
Merupakan kejahatan yang dilakukan untuk mencuri nomor kartu kredit milik orang lain dengan menggunakan teknologi computer untuk melakukan transaksi dengan menggunakan card credit orang lain sehingga dapat merugikan orang tersebut baik materil maupun non materil

Ditulis Oleh : Web Hosting Indonesia

Judul Artikel "Cyber Crime Dunia Maya Internet" Jika salin Artikel Cyber Crime Dunia Maya Internet, mohon mencantumkan sumber link http://www.webhosting.web.id/2016/02/cyber-crime-dunia-maya-internet.html. Salam from Web Hosting Gratis

:: Web Hosting Indonesia ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © WEBHOSTING.WEB.ID, Powered by UNMETERED