Sengketa nama domain


Ingat beberapa bulan yang lalu terjadi sengketa nama domain BMW, dimana

Pengelola Nama Domain Internet di Indonesia (Pandi) memberi pernyataan akan siap menjadi mediator dalam sengketa domain internet bmw.id yang terjadi antara warga Surabaya, Benny Muliawan, dengan perusahaan otomotif BMW asal Jerman.

Warga Surabaya bernama Benny Muliawan mengatakan telah menerima surat somasi dari pengacara yang mengatasnamakan perusahaan otomotif BMW karena nama domain internet bmw.id. Pengacara BMW meminta agar domain internet tersebut diserahkan kepada mereka.

Surat somasi itu diterima Benny pada 3 Desember 2014 dari Suryomucito & Co yang berlokasi di kawasan Pondok Indah, Jakarta.

“Saya masih memastikan apakah benar mereka lawyer BMW dari Jerman atau bukan. Karena, surat kuasanya tidak dilampirkan dalam surat somasi yang saya terima,” ujarnya saat dihubungi CNN Indonesia, Senin (12/1).

Pada 12 Januari 2015, Benny mengatakan telah menjawab surat somasi kepada kantor pengacara. Ia mengatakan, siap melakukan mediasi agar urusan domain internet ini tidak berlarut-larut.

“Saya harap bisa selesai dengan mediasi, nanti bisa dibantu oleh Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia),” kata Benny, yang berprofesi sebagai konsultan hak kekayaan intelektual di Surabaya.

Pandi mengatakan, langkah pertama yang bisa ditempuh kedua belah pihak adalah melakukan mediasi yang akan ditengahi oleh para panelis dalam unit khusus Pandi, yaitu Penyelesaian Perselisihan Nama Domain (PPND). “Kedua belah pihak yang bersengketa akan kami ajak bicara jika mereka mau. Lalu, setelah melewati analisis, akan ditentukan siapa pihak yang berhak memakai domain itu,” kata Ketua Pandi Bidang Sosialisasi, Sigit Widodo kepada CNN Indonesia, Senin (12/1). Namun, jika langkah mediasi tidak diterima atau tidak ditempuh oleh kedua pihak, mereka bisa membawa kasus ini ke pengadilan.

Benny mendapatkan domain bmw.id saat periode Sunrise (periode pertama) pendaftaran domain .id oleh Pandi. Periode ini dibuka pada 20 Februari sampai 17 April 2014.

Pada periode ini, Pandi memberi kesempatan pada perusahaan atau individu yang ingin membeli domain internet .id sesuai merek dagang yang dimiliki.

Benny mendapatkan domain bmw.id karena ia telah mendaftarkan merek BMW pada 2012 lalu. “BMW adalah singkatan nama saya, Benny Muliawan,” ujarnya.

Benny tidak memanfaatkan domain tersebut sebagai alamat situs web, melainkan untuk akun surat elektronik (email). Ia membukanya untuk email dengan alamat: doktermerek@bmw.id sejak Juni 2014. Alamat email ini sudah disebar Benny kepada usaha kecil menengah (UKM) yang membutuhkan informasi soal kekayaan intelektual.

Istilah “Dokter Merek” adalah gelar yang diberi kepada Benny dari surat kabar Jawa Pos. “Jadi, kata Dokter Merek itu saya pakai lalu saya tambahkan inisial nama juga merek yang sudah saya daftarkan. Sejak Agustus sudah ada beberapa UKM yang mengontak saya lewat email itu,” tegasnya.

Pandi siap mediasi

Pihak Pandi menyatakan siap untuk memediasi sengketa domain internet bmw.id yang terjadi antara BMW dengan Benny.

Ketua Pandi Bidang Sosialisasi, Sigit Widodo mengatakan, pihaknya memiliki panelis-panelis dalam upaya penyelesaian perselisihan nama domain (PPND) yang khusus dibentuk jika terjadi sengketa domain.

“Kedua belah pihak yang bersengketa akan kami ajak bicara jika mereka mau. Lalu, setelah melewati analisis, akan ditentukan siapa pihak yang berhak memakai domain itu,” jelas Sigit.

Jika dari mediasi tidak menemukan titik terang, atau salah satu pihak tak mau melewati mediasi, maka salah satu pihak bisa saja membawa kasus ini ke pengadilan.

Beberapa tahun lalu sempat terjadi sengketa domain ebay.co.id antara perusahaan e-commerce Ebay asal Amerika Serikat dengan CV Ebay Indonesia. Sigit mengatakan, sengketa ini berlangsung antara 2 sampai 3 tahun dan akhirnya dimenangkan oleh Ebay Amerika Serikat.

Dalam kasus bmw.id, Pandi menilai secara administrasi Benny memiliki hak memakai domain itu karena telah memenuhi syarat. Pandi mengizinkan pembelian domain di periode Sunrise oleh individu selagi ada surat pendaftaran merek dagang dari Dirjen HaKi, Kementerian Hukum dan HAM.

“Tak ada yang salah dengan pengajuan Benny untuk domain bmw.id, karena dia sudah daftarkan namanya sebagai merek dagang dengan singkatan BMW. Justru kesalahan ada di pihak BMW yang tidak mengikuti periode Sunrise, padahal periode itu digelar selama 3 bulan,” ungkap Sigit.

Perusahaan otomotif BMW sendiri telah menggunakan domain bmw.co.id sebagai situs perusahaan dan informasi produk. Domain ini terdaftar sejak 20 Juli 2001 dengan nama registran Domain Manager, Bayerische Motoren Werke AG, di Munich, Jerman. ( Sumber : CNNINDONESIA )

Ditulis Oleh : Web Hosting Indonesia

Judul Artikel "Sengketa nama domain" Jika salin Artikel Sengketa nama domain, mohon mencantumkan sumber link http://www.webhosting.web.id/2016/02/sengketa-nama-domain.html. Salam from Web Hosting Gratis

:: Web Hosting Indonesia ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © WEBHOSTING.WEB.ID, Powered by UNMETERED