Cara Membuat Database MySQL di cPanel


Secara singkat ada 2 tutorial cara membuat website, pertama, cara upload file website melalui File Manager di cPanel, kedua, kita harus membuat database. Jenis website ada 2 macam, yaitu website statis dan website dinamis. Adapun website statis menggunakan file website yang terdiri dari kode HTML statis. Sedangkan untuk website dinamis adalah yang menggunakan PHP, oleh karena pada website dinamis perlu fitur tambahan seperti database MySQL. Dalam tutorial kali ini saya akan membahas cara membuat database MySQL di cPanel.
Sebagian besar platform website perlu kemampuan tambahan dari bahasa pemrograman PHP untuk menyimpan data ke database. Seperti CMS, WordPressJoomlaDrupal, Pretashop dan lainnya. Platform platform tersebut menjadi standar untuk membangun website, apakah itu untuk membuat web personal, situs perusahaan (company profile) hingga online shop.
Ketika mengistall CMS seperti wordpress, kita perlu mempersiapkan ‘peralatan’ yang dibutuhkan. Salah satunya adalah database MySQL. Database yang dibuat pada tutorial ini akan saya gunakan untuk menginstall WordPress dalam tutorial selanjutnya. 
Langsung saja sobat, Untuk membuat database MySQL, silahkan masuk ke akun cPanel, kemudian cari modulDatabases.

Di dalam Fitur Databases ada 4 pilihan: MySQL Databases, MySQL Database Wizard, phpMyAdmin, dan Remote MySQL
Silahkan Pilih  menu MySQL Database Wizard untuk memulainya


Isi nama database anda, contoh “agnetadb”, sehingga nama database lengkapnya adalah: “u8082105_agnetadb”. Klik Next Step untuk melanjutkan.


Klik tombol password generator, akan tampil password acak yang bisa digunakan sebagai password user MySQL. Pastikan anda mencatat password ini atau men-copy nya di tempat yang aman, sebagai contoh saya akan menggunakan password “w3Ct8Bvv8FgR”. Centang pilihan “I have copied this password to a secure location”, kemudian klik tombol “use password”.


Kita kembali ke jendela pembuatan user MySQL. Kali ini kolom password sudah terisi. kemudian klik tombol “Create User”.

Tampilan berikutnya kita akan memilih hak akses user yang baru saja dibuat. Tergantung kebutuhan, anda bisa memilih hak akses apa saya yang diberikan kepada user ini. Kali ini saya memutuskan untuk memberikan seluruh hak akses. Untuk membuatnya, centang pilihan “ALL PRIVILEGES”, kemudian klik Next Step.


Selamat!, database dan User MySQL telah selesai dibuat. Jendela terakhir ini hanya berisi pemberitahuan tentang sukses dalam pembuatannya. 
Silahkan kembali ke Beranda Home cPanel.


Cara Mengubah dan Menghapus Database MySQL di cPanel


Di dalam Fitur Databases ada 4 pilihan: MySQL Databases, MySQL Database Wizard, phpMyAdmin, dan Remote MySQL
Silahkan pilih MySQL Databases


Sebagai contoh, untuk mengubah nama database, tinggal men-klik tombol Rename, atau untuk menghapus database cukup dengan menekan tombol Delete. Hal serupa juga tersedia untuk mengubah dan menghapus user MySQL, plus menu tambahan untuk mengubah password user MySQL.


Ditulis Oleh : Web Hosting Indonesia

Judul Artikel "Cara Membuat Database MySQL di cPanel" Jika salin Artikel Cara Membuat Database MySQL di cPanel, mohon mencantumkan sumber link http://www.webhosting.web.id/2016/07/cara-membuat-database-mysql-di-cpanel.html. Salam from Web Hosting Gratis

:: Web Hosting Indonesia ::

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © WEBHOSTING.WEB.ID, Powered by UNMETERED